Weekend Trip: Pasar Santa

By Rayfienta G - 6:43 PM

Hari ini, saya berkesempatan untuk mengunjungi Pasar Santa, salah satu tempat di Jakarta Selatan yang sudah lama ingin saya kunjungi. Jalan-jalan saya hari ini bisa dibilang akan jadi yang "terakhir" sebelum saya harus menghadapi ujian-ujian sekolah di beberapa minggu ke depan.

Pasar Santa Lantai 1
Saya tiba di Pasar Santa sekitar pukul satu siang. Tujuan saya, yaitu untuk mampir ke toko-toko yang bertempat di lantai 1. Namun, saat saya tiba disana, ternyata belum banyak toko yang buka. Kebanyakan baru tempat-tempat yang menjual makanan. Maka dari itu, mumpung sudah memasuki waktu makan siang, saya pun memutuskan untuk memesan makanan.

Yang pertama kali saya pesan adalah Dory Fish Rice Bowl with Salted Egg dan Dory Fish Rice Bowl with Thai Sauce dari CDB eat & drink. Dengan harga 30k, saya rasa kedua menu ini cukup worth it dan "ngenyangin" untuk porsi makan siang.

Dory Fish Rice Bowl with Salted Egg dari CDB eat & drink
Selain itu, saya juga memesan Shrimp Salted Egg Yolk dari Hello Chicken. Salted egg sauce ternyata memang lagi hits banget ya. Harganya juga nggak jauh berbeda, yaitu sekitar 27k.

Shrimp Salted Egg dari Hello Chicken Pasar Santa
Satu lagi, menu makanan yang saya pesan adalah Korean Chicken Ricebowl dari Hanji, seharga 28k.

Korean Chicken Rice Bowl dari Hanji
Untuk minumannya, saya memesan Kopaja dari Selatan Jakarta. Eits, jangan bingung ya karena Kopaja ini adalah nama untuk menu Es Kopi Susu mereka. I really think that they're so creative in creating these names, both for the the shop and for the menu.

Es Kopaja dari Selatan Jakarta
Setelah puas makan-makan, saya pun berkeliling di sekitar lantai 1. Nah, memasuki jam dua, toko-toko yang buka sudah mulai bertambah. Di antara toko-toko tersebut, ada satu yang benar-benar menarik perhatian saya—apalagi kalau bukan toko buku!

Toko buku mungil ini bernama POST Bookshop. It's not like any other book shop that I've been to before. Selain tempatnya yang nyaman, toko buku ini juga menjual buku-buku dengan genre yang unik. Saya sendiri termasuk orang yang sangat suka berlama-lama di tempat apapun yang menyimpan banyak buku. Yes, my heart lies within the existence of books.

POST Bookshop Pasar Santa
Warm, little space di POST Bookshop Pasar Santa
Deretan buku di POST Bookshop Pasar Santa
Sejak kecil, saya selalu terbiasa untuk selalu baca buku. Sejujurnya, bacaan saya belum terlalu banyak, karena saya agak posesif when it comes to books. Kalau biasanya orang lain pinjam-pinjaman buku bacaan, nah, saya ini selalu ngerasa harus punya bukunya dulu kalau mau baca. Ribet, ya?

Sayangnya, kali ini saya nggak bisa berlama-lama karena harus buru-buru pulang ke rumah. Tapi untungnya, saya sempat untuk beli dua buah buku: Rahasia Selma karya Linda Christanty dan Fangirl karya Rainbow Rowell. Kedua-duanya dengan harga 50k (untuk Fangirl, yang saya beli adalah buku secondhand yang kondisinya masih bagus).

Di lain waktu, saya pasti mau untuk keliling-keliling lagi di Pasar Santa. Masih banyak toko-toko yang ingin saya "jelajahi". Hopefully, saya bisa kembali kesini setelah dapet PTN yang saya cita-citakan nanti. Aamiin. 


  • Share:

You Might Also Like

8 comments

  1. Halo Mba Ray :) Salam kenal
    Mau tanya dong Mba, tempat-tempat makan di Pasar Santa itu bukanya dari jam 1 siang atau agak pagi'an jg udah pd buka? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai! salam kenal juga.

      di Pasar Santa kalo pagi belum buka toko-tokonya. jam 12-an atau jam 1 jg yg buka baru beberapa aja. menurutku paling enak kesini kalo udh di atas jam 2-an, lebih banyak kuliner + toko yg buka :)

      Delete
    2. hai salam kenal...
      mau tanya juga, bukanya sampai malam gitu ga yah?
      foto-fotonya bagus-bagus, trus jadi kepingin buat liat toko bukunya juga.

      Delete
    3. hai! salam kenal juga. setauku kebanyakan toko-toko disini buka sampai sekitar jam 8. yaapp kalo kesini wajibb bgt ke toko bukunya :)

      Delete
    4. hoo gitu
      oke deh
      makasih ya infonya ^^

      Delete
  2. Hi Ray!
    Any recommendation what's the best food in Pasar Santa?

    And btw I love your blog. Been an hour and i get so attached with your articles without get bored hahaha (as i get bored easily)..

    ReplyDelete
  3. hi! thank you for reading :) actually, most of the food stalls here have very similar menus, haha. but from the ones that i've tried, i'd recommend Hello Chicken. there are other popular food places like DOG (Dudes of Gourmet) or Toko Kopi Tuku that you can try

    ReplyDelete