Belajar Sign Language di Sarang Lebah Salatiga

By Rayfienta G - 12:55 PM

Selamat Tahun Baru 2018!

Beberapa bulan terakhir ini, saya mulai punya ketertarikan baru, yaitu.. belajar Bahasa Isyarat! Entah asalnya darimana saya jadi suka. Tapi, dulu itu saya belajarnya ASL (American Sign Language) karena sudah banyak video-videonya di YouTube. Waktu itu, saya belum tahu dimana tempat untuk mempelajari Bahasa Isyarat, khusunya BISINDO, di Jakarta.

Nah, setelah itu, saya tiba-tiba nemu akun Instagram dari salah satu aktivis tuli, yaitu Surya Sahetapy. Saya ingat betul, sewaktu kecil saya sering lihat dia kalau nemenin Mama nonton tv. Dari salah satu post-nya di Instagram, barulah saya tahu tentang kelas-kelas Bahasa Isyarat yang tersebar di Indonesia, baik di Jakarta maupun di kota-kota lainnya. Sayangnya, Pusat BISINDO yang berlokasi di Jakarta, saat itu belum buka pendaftaran. (tapi sekarang udah buka lagi, kok!)

Di post itu juga saya baru tahu kalau ada tempat belajar Bahasa Isyarat di Salatiga. Kebetulan, orangtua saya ngajak ke Salatiga liburan ini. Jadilah, saya langsung cari informasi dan menemukan akun Instagram Sahabat Tuli. Ternyata... lokasinya sangat dekaattt dengan rumah Eyang saya, tepatnya di Sarang Lebah, yang letaknya di daerah Kembang Arum, Dukuh, Salatiga.

Karena dari informasi yang saya dapat, kelasnya dibuka tiap Sabtu dari jam 10.00 - 13.00, maka hari Sabtu tanggal 30 Desember lalu, saya menyempatkan diri untuk kesana bareng Mama dan adik.

Bagian depan Sarang Lebah, Salatiga.
Bagian depan Sarang Lebah, Salatiga.

Ini dia, nampak depan dari Sarang Lebah. Unik, ya? Sayangnya, saya lupa untuk foto dari jauh. Setibanya disana, saya disambut oleh Mbak Puhan, Mbak Dewi, dan Mbak Wulan.

Karikatur-karikatur di Sarang Lebah.
Banyak yaa, barang-barangnya?
Di dalam ruangannya ini tertata rapi dan banyak sekali barang-barang koleksi yang dijual. Fyi, Sarang Lebah ini pertama kali diresmikan tahun 2012, dengan nama Bee 100% yang kemudian berganti nama menjadi Sarang Lebah di tahun 2013. Sedangkan Kumpulan Tuli Salatiga, sudah ada sejak tahun 2006.

Interiornya lucu dengan kayu dan dinding bata.
Ada kartu-kartu ucapan, gantungan kunci, dll.
Awalnya, baru ada saya sendiri yang datang. Saya pun mulai belajar Isyarat dengan diajari Mbak Wulan, mulai dari abjad A-Z, lalu Kosakata 1 dan Kosakata 2. Untuk abjad, masih nggak terlalu sulit, tapi setelah masuk ke kosakata anggota keluarga, sekolah, dan sapaan, barulah saya jadi bingung.

Kadang-kadang, kalau saya mau tanya-tanya tapi nggak tahu isyaratnya, bisa dieja huruf per huruf atau ditulis di kertas kecil sehingga saya bisa tanya apa saja. Ternyata, ada beberapa isyarat yang mirip dengan ASL, misalnya kata "belajar", "masih", "nama", dan sebagainya. Sementara saya belajar Isyarat, adik saya mewarnai gambar-gambar karyanya Mbak Puhan.

Hasil mewarnai adik saya di Kelas Mewarnai.
Belajar isyarat dengan Mbak Dewi.

Selang beberapa lama, datanglah teman-teman baru yang belajar juga. Tapi, Mbak-Mbak tersebut sudah pernah datang sebelumnya dan sudah masuk ke Kosakata yang lebih kompleks dengan diajari oleh Mbak Dewi. Setelah saya selesai belajar Kosakata 1 & 2, saya gabung dengan Mbak-Mbak tersebut untuk main games. Yay!

Semakin siang ternyata semakin ramai, lho. Ada Mas-Mas dari Sahabat Tuli yang ikut main games juga. Kalau masalah main game, jujur aja saya payaaah. Hehe. Tapi kalo ditanya seru atau nggak? Seru dong, pastinya!

Sebelum pamit, foto-foto dulu dong.

 

Nggak kerasa sudah jam 1 siang dan saya sudah harus pamit. Sebelum pulang, saya bersama Mbak-Mbak dan Mas-Mas dari Sahabat Tuli foto-foto dulu sekaligus bikin video spesial edisi Tahun Baru!

Gantungan kunci yang saya beli, masing-masing harganya Rp.15.000.
Saya juga beli beberapa merchandise dari Sarang Lebah. Ada banyak sekali pilihan barang-barangnya, tapi akhirnya pilihan saya jatuh pada kedua gantungan kunci ini.

Nah, kalau teman-teman berkunjung ke Salatiga, jangan lupa untuk berkunjung kesini juga, ya!

Sarang Lebah Salatiga
Jl. Nakula Sadewa I No. 17, Kembang Arum, Dukuh, Salatiga. 
Instagram : @sarang.lebah
@sahabat.tuli


Nox,

Ray

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Aku juga dari dulu tertarik belajar bahasa isyarat. Tapi sampai sekarang bisanya cuma AIUEO dan 'I love u', wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku baru-baru ini mulai ikut kelas rutin bahasa isyarat di pusat bahasa isyarat indonesia (pusbisindo) di pasar minggu. lumayann, belajar sekaligus refreshing juga

      Delete